Senin, 25 Juli 2011

Sambut Ramadhan di Kantin "Mbok Djum"

Dalam sebuah obrolan di Kantin milik Mbok Djum, saya bersama teman-teman membicarakan banyak hal. Salah satunya adalah persiapan menyambut datangnya bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari saja.
Awalnya saya dan Efendi saja yang janjian untuk makan di kantin legendaris tersebut. Namun saat di sana betemu dengan Wahyudi dan Ibnu yang tidak lain adalah teman satu fakultas. Katena sudah lama tidak bertemu, ahkirnya kami ngmpul dalam satu meja untuk menikmati hidangan yang tersedia.
Dulu kami sempat duduk di organisasi yang sama, yaitu SKI (Syi’ar Kegiatan Islam). Organisasi ini adalah satu-satunya yang mengatas-namakan Islan di FSSR. Mengutib bahasanya Efendi, seiring dengan dinamika kehidupan, akhirnya di penghujung jalan kami terpisah. Secara ideologi pun (mungkin) tidak bertemu, tapi secara personal tidak demikian. Namanya sahabat tetap sahabat.
Karena berbasis organisasi Islam, salah satu tema pembicaraan yang diangkat dalam forum itu adalah persiapan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Tanpa banyak perdebatan, akhirnya disepakati bahwa pada bulan puasa itu akan diadakan kegiatan tahsin (tadarus) al-Qur’an. Kegiatan ini diasakan setiap sore di dekat sekretariat SKI.
Selain pembahasan sambut bulan puasa, juga banyak hal lainnya yang dibicaran, antara lain, aktivitas selama liburan, pandangan masa depan, dan permasalahan lainnya.
Di kantin milik Mbok Djum tersebut tidak hanya mahasiswa atau karyawan Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) saja yang mengisi perut. Penikmat makanan di sana terdiri dari multi fakultas dan jurusan, bakhan multi univerisitas. Menu utama yang ada di sana nasi pecel dan gudeg dengan aneka lauk-pauk dan aneka minuman. Selain rasa, harga juga menentukan mengapa banyak mahasiswa yang lebih memilih makan di sana. Jumlah pengunjung primbumi (asli) dan pengunjung impor sama banyaknya.
Selasa (26/7) pagi suasana kantin Mbok Djum tidak begitu ramai seperti biasanya. Hal ini karena mahasiswa sebagaian besar masih libut semester genap yang cukup panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar